Our amazing new site will launch in

Selasa, 22 Februari 2011

DESTRUKTOR




Destruktor  merupakan suatu method class yang khusus. Suatu destruktor dipanggil ketika suatu objek didefinisikan atau secara dinamis dialokasikan menggunakan opertor ‘new’ .
Tujuan pembuatatn suatu destruktor adalah untuk menginasialisasi data anggota atau kadang-kadang untuk mengambil resource seperti memori. Destruktor diambil setiap kali objek dihapus atau program yang menggunakan suatu objek telah selesai di jalakan.
q  Tujuan :
untuk membebaskan memori dari pdijalankanenggunaan objek-objek pada saat program
            Definisi dan penggunaan dari destruktor  : aturan-aturan dasar pada destruktor , kemudian detail menggunakan contoh sederhana,
  1. Destrruktor mamiliki nama yang sama dengan class yang diawali dengan tanda ~
  2. Destruktor  tidak mangembalikan nilai
  3. Destruktor  tidak memiliki argumen.
Dilihat dari contoh, kita dapat membuat suatu class yang akan menyimpan informasi seperti upah dan nomor ID. Pada program ini belum kita gunakan konsep destruktor.
# include<iostream.h>
# include<string.h>

class karyawan
{
private
            int_id;
            double_gaji;
public:
int getID()                                         
            {
            return_id;
            void setID(int id)
            {
            _id=id;
            }
            double getGaji()
            {
            void setGaji(double gaji)
            {_gaji=gaji;
            }
            };
Int main()
{
            karyawan budi;
            budi.setID(1);
            budu.setGaji(500000.0);
            cout<<“karyawan”budi.getID()”gaji sebesar”<<budi.getGaji()<<endl;
}
output :
Karyawan 1 gaji sebesar 500000

contoh diatas definisi method dilakukan didalam class karena definisi dari berbagai method yang digunakan cukup pendek.

            Jika Anda tidak mendeklarasikan sebuah destruktor dalam sebuah kelas, maka destruktor otomatis akan diciptakan sendiri oleh compiler C++. Destruktor dapat kita definisikan sendiri dengan simbol ~. Disarankan untuk mendefinisikan sendiri destruktor walaupun secara otomatis compiler C++ akan mendeklarasikan sebuah destruktor pada saat program Anda dicompile, tetapi dengan mendefinisikan sendiri sebuah destruktor maka Anda mempunyai kontrol penuh terhadap apa yang dilakukan destruktor dari kelas Anda. Perhatikan listing di bawah :





Listing di atas akan menghasilkan output sebagai berikut :

Dari contoh di atas destruktor secara otomatis dipanggil oleh compiler ketika objek x meninggalkan blok main(). Hal ini sesuai dengan kaidah kelokalan objek di C++.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MASTER MISTER RIZKY 1

THE - RIZK

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

TOP POST


Engkau yang muda dan besar impiannya,
tapi yang sedang digalaukan
oleh ketidak-pastian masa depannya,
dengarlah ini …

Jagalah impianmu tetap besar,
jadikanlah hatimu lebih kuat daripada keraguanmu,
pastikanlah kesungguhan kerjamu juga sebesar impianmu,
dan ikhlaslah bekerja keras dan jujur
dalam pekerjaan yang sederhana,
tapi yang menuntunmu menuju impianmu.

Syukurilah kesederhanaan dalam diri dan pekerjaanmu,
karena rasa syukurmu adalah penghubung
antara kerja kerasmu dengan kemurahan Tuhan Yang Maha Kaya.

Jujurlah, rajinlah, dan bersabarlah!
Engkau akan sampai.

Total Tayangan Halaman


ChatBox

Blogger templates

free counters

Blogger templates

KURS DAN NILAI TUKAR RUPIAH HARI INI

Kurs Jual Beli
USD9120.008870.00
SGD7115.306892.30
HKD1174.151140.05
EUR12196.1511835.15
GBP14153.0513712.05
JPY112.71108.52

NILAI TUKAR RUPIAH

ADA YANG BARU DI SINI (NEW)

SILATURRAHIM LINK


Add and Follow me

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Popular Posts